GKI Kemang Pratama telah kita ulas sekilas saat kita disapa oleh Anita Budiarta, calon pendeta yg sedang berproses di GKI Kemang Pratama dlm SG-GKI edisi 7 Des 2021. Kali ini kita berkenalan dng pendeta GKI Kemang Pratama, yaitu Pdt.Ricardo Sitorus.

Ricardo lahir dari pasangan Batak dan Jawa, di Jkt dan jadi org Jkt smp kelas 4 SD. Lalu jadi org Semarang. Di sana dia bersekolah di sekolah negeri sampai STM jurusan Bangunan Gedung (tp gak pernah tawuran). Lalu Hijrah kembali ke kota kelahiran untuk bekerja sambil nguli (kuliah) di Fak Teknik Sipil Unkris, Jkt. Sambil kuliah dia melayani di Komisi pemuda GKI Kayu Putih. Di sini Ricardo menemukan tambatan hati yg juga rekan sepelayanan di Komisi Pemuda, yaitu Berliana Sibarani yg kuliah di Fak Teknik Arsitektur Trisakti.

Ricardo mengatakan bhw sebenarnya panggilan utk melayani penuh waktu sbg hamba Tuhan sudah ada saat SMP. Namun krn satu, dua, tiga dan lain-lain hal, maka kerinduannya itu baru diupayakan scr terfokus justru setelah dia menyelesaikan S1 di Fak Teknik Sipil Unkris. Akhirnya Ricardo melanjutkan kuliah dng mengambil program M.Div. (Master/Magister of Divinity) di Fak Teologi UKDW (2008-2011). Bahkan tidak sendirian, Bebe (panggilan Berliana) yg telah menjadi seorang Arsitek juga mengambil program yg sama. Pasutri yg menikah thn 2007 ini dikaruniai anak saat sedang menempuh studi M.Div. Makanya bisa dimengerti kalau anak mrk dinamai Dariel Duta Bonar Sitorus, mengingatkan bhw mrk sekeluarga diutus Tuhan, juga mengingatkan bahwa Dariel dilahirkan saat ibu-ayahnya sedang studi di Duta Wacana.

Ricardo kmd menjalani proses-proses kependetaan sbgmn diatur dlm Tager-Talak GKI (termasuk Percakapan Gerejawi di dlm PMK di mana saya menjadi salah seorang pemercakap). Akhirnya awal yg baru dlm hidup dan pelayanannya mewujud kala dia ditahbiskan ke dlm jabatan Pendeta GKI dng basis pelayanan Jemaat GKI Kemang Pratama pd tgl 7 Mei 2018.

Pdt.Ricardo Sitorus akan menyapa kita dlm *SG-GKI hari Selasa 29 Maret 2022. (Bahan intro dr catatan sepotong-sepotong oleh Pdt.Ricardo, diolah dan disajikan oleh Ronny N., video diedit dan diunggah oleh sdr.Sigit dr kantor Sinode GKI)
Ini tautannya:

Leave a Reply

Your email address will not be published.