Dia lahir di Padang – Sumatera Barat tapi bukan “orang Padang” sekalipun mungkin suka Nasi Padang. Setelah dilahirkan pada tgl 2 Maret 1965, orangtuanya: Bpk. Stephanus Sitorus Pane dan ibu Christiana Siregar, memberi dia nama Lithos Sitorus Pane. Lithos menempuh pendidikan dasar di Padang (SD Kristen Kalam Kudus). Lalu bersama keluarga hijrah ke Jakarta. Di Jakarta lah Lithos menyelesaikan jenjang SMP dan SMA (keduanya di sekolah negeri). Kemudian Lithos mengikuti ujian masuk STT Jakarta, dan juga ujian masuk perguruan tinggi, diterima di STT Jakarta dan IPB. Lithos menempuh pendidikan tinggi di Institut Pertanian Bogor, lulus S1 tahun 1991.

Selanjutnya setelah selesai dari IPB, masuk kuliah di STT Jakarta, sampai tingkat pertama, kemudian cuti kuliah satu tahun, untuk masuk kerja di swasta (PT Metro Corp, tahun 1991-1994). Setelah satu tahun kerja, ia melanjutkan kembali kuliah di STT Jakarta di tingkat kedua, tetap sambil kerja, sehabis kuliah. Tahun 1994 berhenti kerja di swasa, kemudian diterima kerja di kantor STT Jakarta, dan juga tenaga admin Yayasan Lembaga Perguruan Tinggi sebelum akhirnya berproses kependetaan di GKI Kwitang. Lithos ditahbiskan menjadi pendeta GKI dengan basis pelayanan GKI Kwitang pada tgl 2 Maret 2000.

Tentu Lithos tidak mengabaikan panggilan untuk berkeluarga. Tgl 21 Desember 1996 ia menikah dng Cecilia Lamrotua Siregar, dan kemudia dikaruniai 3 org anak: Kreiton A.I. Sitorus (7 Oktober 1997), Timion Melinda Sitorus (14 Maret 1999), Gnesia Amanda Sitorus (9 Mei 2004), semua kelahiran Jakarta.

Kalau ditanya kenapa Pdt.Lithos menempuh studi teologi dan jalur kependetaan, juga kuliah di IPB, bekerja di perusahaan swasta, ini jawab Pdt. Lithos: “Sejak kecil orangtua mengharapkan saya menjadi pendeta, dan ayah sering menceritakan pengalaman pelayanan para pendeta yang dikenalnya. Harapan orangtua terus diingatkan dan menjadi cita-cita dari kecil sampai SMA. Ayah juga mengharapkan kalau menjadi pendeta agar mempunyai bekal pengetahuan non teologi, yang bermanfaat bagi orang.” Mungkin karena itu juga Pdt.Lithos kuliah lagi mengambil S2 di Universitas Indonesia dan selesai thn 2004.

Dalam SG-GKI hari Senin 6 Des 2021 kita akan disapa oleh Pdt.Lithos S. Pane yg seingat saya pernah “dipinjamkan” menjadi Sekum BPMSW GKI SW Jateng (tahun 2007-2011). (Bahan intro dari catatan Pdt.Lithos, disunting oleh Ronny Nathanael, video diedit dan diunggah oleh sdr.Sigit dr kantor Sinode GKI)
Ini tautannya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *