Sejarah GKI Sudirman Bdg berawal 24 Oktober 1947 melalui kehadiran “Pos Perkabaran Injil” yang terdiri dari 4 anggota di rumah keluarga Tan Tjing Lin di Jl. Kopo. Saat itu lokasi pos terus mengalami perubahan, yaitu 24 Agustus 1948 ke rumah keluarga Jauw Tjeng Lin di Jl. Luna No. 86 yang dihadiri 30 orang dan juga kelas katekisasi yang dipimpin oleh Sdr. Nie Sun Seng. Pada 3 Mei 1955, pos kembali dipindah ke rumah keluarga Tan Tjian Eng, kemudian pindah lagi ke rumah Ny. Mungil di Jl. Mukalmi dan 11 tahun kemudian, 5 Juni 1966, pos dipindahkan ke Jl. Raya Barat, yaitu ke rumah keluarga Jauw Swie Na. Di tahun 1967, Pos Pekabaran Injil secara resmi diserahkan kepada GKI Kebonjati dan diberi nama Pos Raya Barat, dengan jumlah peserta kegiatan ± 50 orang. Berselang 6 tahun kemudian, yaitu pada tanggal 2 Januari 1973, kegiatan kebaktian berpindah lokasi ke Jl. Suryani No.2, yaitu lokasi sekolah milik BPK Jabar (skr BPKPENABUR) dengan jumlah peserta kebaktian saat itu telah mencapai 80 orang.

Tanggal 1 Oktober 1989, lokasi kebaktian di Jl. Suryani berpindah ke ruang kebaktian baru di Jl. Jend. Sudirman No. 638 tepatnya di gedung SDK 6 BPK Jabar (skr BPKPENABUR), kemudian berpindah ke aula kebaktian lt.3 yang masih dipergunakan hingga saat ini. Di tempat inilah Pos Pekabaran Injil berkembang menjadi BaJem (Bakal Jemaat) dan akhirnya bertumbuh menjadi jemaat dewasa pada tanggal 28 Januari 1991, yang ditetapkan sebagai hari lahirnya GKI Sudirman Bandung.

Skr GKI Sudirman dilayani oleh Pdt. Yosafat Simatupang, yg ditahbiskan berbarengan dng Pdt.Abdiel Bopha (GKI Ayudia) pd tgl 3 Agustus 2015. Lulusan STT Jkt ini pd tgl 4 Nov 2017 mengakhiri masa lajang lewat pernikahannya dng Elisabeth Vabiola (seorang dokter dan pemain musik). Pdt. Yosafat yg concern akan musik gereja dan liturgi ini akan menemani kita dlm SG-GKI hari Kamis 12 Agustus 2021. (Bahan intro dari Pdt.Yosafat, saya tdk melakukan perubahan pd bagian sejarah krn tdk punya bahan pembanding. RN)
Ini tautannya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *