GKI Lebak Jaya-Sby dan Pdt.Yudhi sdh pernah kita jumpai dlm SG-GKI 11 Jan 2021. Skr kita mau berkenalan lebih jauh dng Pdt.Yudhi.

Dia dilahirkan thn 1971 sbg anak kedua dari 3 bersaudara dlm keluarga pasutri bpk Sukardjo Dwijo Pranoto (alm) dan ibu Nur Utami. Yudhi Kristanto, begitu nama yg diberikan pd bayi yg lahir di kota Blora ini. Semasa hidup alm ayahnya aktif melayani sbg penatua, pelatih paduan suara, pengiring pujian dalam ibadah minggu, dan juga pengkhotbah dalam kebaktian remaja. Yudhi yg dibesarkan dlm keluarga aktivis gereja ini juga aktif sbg pengurus dan Ketua Komisi Remaja GKI Blora. Pd masa inilah ia mulai tertarik utk menjadi seorang pendeta.

Setelah lulus SMA pd thn 1989 bersama dng tiga teman segereja dan kakaknya, ia mendaftar ke Sekolah Tinggi Theologi Duta Wacana. Kakaknya, Sony Kristiantoro, sekarang melayani sbg pendeta di GKI Soka Salatiga. Perjalanan pelayanannya bisa dikatakan cukup panjang dan berliku. Yudhi sempat mencicipi pelayanan di 3 Sinode yang berbeda: GKI Jabar, GKI Jateng, dan GKI Jatim (sebelum menjadi Sinode GKI). Ia pernah membantu pelayanan di GKI Pengampon Cirebon Pos PKP Jamblang yang termasuk Jemaat GKI Sinode Jabar, kemudian sempat membantu pelayanan di GKI Purwodadi–Grobogan yang termasuk GKI Sinode Jateng, hingga akhirnya ditahbiskan menjadi Pendeta pertama di GKI Kebonagung–Malang yang termasuk Jemaat GKI Sinode Jatim pd tgl 25 Oktober 1999 (wuih pas aq ultah nih). Di Jemaat inilah ia bertemu dng jodohnya yang bernama Ratna Ardhanie (seorang Guru Sekolah Minggu/PJA) yang kemudian dinikahinya pd tgl. 20 Januari 2020. Dari pernikahan itu lahirlah anak tunggal mereka yang diberi nama Fanuel Bertanus Krisnadhi.

Dlm masa pelayanan di GKI Kebonagung ini ia sempat studi lanjut di Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang pd tahun 2003 dan selesai thn 2006. Setelah 10 tahun melayani di GKI Kebonagung (bagian dr Klasis Madiun), Pdt. Yudhi mendapat kesempatan utk mutasi, dan pd tgl 12 Mei 2008 diteguhkan sbg pendeta GKI dng basis pelayanan di GKI Lebak Jaya–Surabaya (termasuk Klasis Banyuwangi) yang dilayaninya sampai sekarang. Pdt. Yudhi ini, mungkin karena tidak suka banyak bicara atau mungkin malas bicara (sejak kuliah, dan terutama kalau mengikuti rapat atau persidangan) kecuali kalau sedang berkhotbah, dan lebih suka mengetik maka sejak masih menjadi mahasiswa seringkali dijadikan sekretaris: Sekretaris Permata (Persekutuan Mahasiswa Theologia asal Jawa Tengah), Sekretaris II BPMK GKI Klasis Madiun (ketika masih melayani di GKI Kebonagung-Malang), Sekretaris II BPMSW GKI SW Jawa Timur, dan Sekretaris I BPMK GKI Klasis Banyuwangi (ketika sudah mutasi di GKI Lebak Jaya-Surabaya), termasuk menjadi Sekretaris di Majelis Jemaat (BPMJ).

Pdt. Yudhi Kristanto kembali menemani kita dlm SG-GKI hari Selasa 13 Juli 2021. (Bahan intro dari catatan Pdt.Yudhi, diacak-acak oleh RN)
Ini tautannya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *