Sindanglaut pernah terkenal karena di sana ada Pabrik Gula (PG) Sindanglaut, warisan Belanda yang beroperasi rutin sejak 1898. Tapi skr tinggal sejarah krn sesudah 122 tahun beroperasi pd thn 2020 PG Sindanglaut ditutup. Namun GKI Sindanglaut masih eksis.

GKI Sindanglaut diawali oleh beberapa org aktifis jemaat GKI Pengampon Cirebon yg rindu melayani anggota-anggota yang berdomisili di daerah pinggir kabupaten Cirebon. Kerinduan ini didukung oleh MJ. Bbrp keluarga mulai berkumpul di persekutuan yg diadakan di garasi dekat pabrik gula Sindanglaut. Anak-anak Sekolah Minggu juga mulai diajar oleh aktifis dari GKI Pengampon. Secara resmi pd thn 1956, Majelis Jemaat Pengampon membuka Pos Pekabaran Injil di Sindanglaut. Kebaktian pertama diadakan di rumah Sdr. Ho Ting Pwee kemudian pindah ke rumah Ny. Sukriswanto, lalu pindah lagi kerumah Sdr. Liem Soen Tjiang dan terakhir pindah ke Jalan Stasiun No. 1 Sindanglaut, yang sekarang adalah gedung gereja Sindanglaut. Yang unik sebenarnya Pos PI di Sindanglaut itu ada di dua tempat, selain di Sindanglaut satu lagi ada di Karangsembung. Pada tanggal 30 Maret 1981, Bajem Sindanglaut & Karangsembung didewasakan dalam sebuah kebaktian pendewasaan Jemaat dan sekaligus Pentahbisan Ttk. Soedarsono untuk melayani Jemaat baru tersebut. Namanya GKI Sindanglaut dengan dua tempat kebaktian, Sindanglaut dan Karangsembung. Entah kapan persisnya tapi sepertinya skr Kebaktian Minggu cuma diselenggarakan di Sindanglaut. GKI Sindanglaut menurut BI-GKI 2020 memiliki anggota sejumlah 155 org, memang sejak dulu kurang lebih jumlahnya demikian krn dia adalah gereja perbatasan kabupaten dan kota. Jadi sebagian orang cenderung ber gereja di kota Cirebon, seperti ke GKI Pengampon. Tuhan memberikan berkat-Nya melalui dukungan dari GKI-GKI di Jakarta ketika mrk melakukan renovasi maupun pengadaan mobil gereja.

*Pnt.Andreas Maruli Palembangan Pasaka, calon pendeta GKI Sindanglaut, yg akan menemani kita dlm SG-GKI hari Kamis, 1 April 2021*, mengatakan: “kami sedang membangun gereja kami agar sekalipun sederhana tapi berdaya”. Selain aneka makana Cerbonan, yg khas Sindanglaut adl *pepes hintip tahu*. Kalau Anda *belum tahu* apa itu, Anda boleh bertanya pd Pnt.Andreas. _*(RN)*_

Ini tautannya:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *