Singapore adl salah satu negara tetangga yg terdekat dng Indonesia. Ada banyak org Indonesia yg entah utk waktu singkat ataupun lama bermukim di sana, termasuk yg beragama Kristen. Sebagian bergereja di Orchard Road Presbyterian Church (ORPC). Thn 1976 terbentuklah Persekutuan Oikumene Berbahasa Indonesia (POBI), yang kemudian diganti menjadi Persekutuan Umat Kristen Berbahasa Indonesia (PUKBI) di tahun 1977. Tgl 14 Mei 1995, dng adanya Memorandum Of Understanding maka PUKBI berkembang menjadi Gereja Presbyterian Orchard (GPO) dan menjadi anggota penuh Orchard Road Presbyterian Church (ORPC). Tanggal 20 Agustus 1995, jemaat GPO membuka cabang di Gereja Presbyterian Bukit Batok (GPBB). Tgl 1 Juli 2013 secara operasional GPBB menjadi gereja yang mandiri dan pada tanggal 21 Juli 2013 diresmikan menjadi menjadi salah satu anggota dari Presbyterian Inggris dari Gereja Presbyterian and Sinode Gereja Presbyterian di Singapura.

GPBB yang beralamat di 21 Bukit Batok Street 11 Singapore 659673 terdiri dari tiga jemaat yaitu jemaat berbahasa Indonesia, jemaat berbahasa Inggris dan jemaat berbahasa Mandarin. Kini jemaat GPBB memiliki 2 Kebaktian Umum Minggu jam 09:00 dan 11:00; Kebaktian Remaja Minggu, jam 09:00 dan Kebaktian Anak Minggu jam 11:00 dan kegiatan2 komisi di hari Jumat dan Sabtu.

Jumlah jemaat terdaftar saat ini: 242. Jumlah hadir kebaktian umum minggu: 459. _*(ayo kenapa jumlah kehadiran hampir 2 X lipat jumlah anggota?)*_, Sekolah Minggu: 84, Kebaktian Remaja: 40. Total rata-rata per hari Minggu: 583. Keunikan jemaat GPBB bhw ia ibarat Indonesia mini karena berbagai etnik Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Talaud sampai pulau Rote ada di GPBB. Keunikan lainnya adl keberagaman profesi yg terdapat di GPBB: Karyawan, usahawan, pelaut, domestic worker sampai mahasiswa. GPBB sejak dari awal berdirinya telah menjalin kemitraan dng GKI. Yg akan menemani kita dlm SG-GKI hari *Kamis, 11 Feb 2021 adl Pdt Joseph The To Liong* _*(saya suka memanggil beliau pendeta To Liong To)*_ yg menjadi PTKS GKI utk pelayanan di GPBB sejak thn 2014. Pdt. To Liong To eh The To Liong berpesan: Jika datang ke Singapura jangan lupa kebaktian di GP Bukit Batok. _*(tapi beliau tdk janji akan traktir Anda ya)*_ *(bahan diambil dr situs GPO-GPBB, plus catatan Pdt.Joseph TTL, diramu oleh RN)*_.

Ini tautannya: https://youtu.be/DTtHpf-gIY0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *