Kedoya adalah nama wilayah kelurahan di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Aslinya Kedoya adalah nama sejenis pohon duku yang berasal dari Australia. Dulu penduduk setempat memiliki kebun-kebun yang ditanami pohon Kedoya, sehingga keadaannya seperti hutan pohon Kedoya. Nah, itulah asal usul kenapa daerah tersebut diberi nama Kedoya. Namun krn kebutuhan pembangunan perumahan ( _termasuk GKI Kedoya?_) pohon Kedoya ditebangi hingga nyaris tidak ada lagi pohon Kedoya di daerah Kedoya.

Awal thn ’80-an daerah Sunrise Garden dan Taman Kedoya Baru (TKB) termasuk wilayah pelayanan GKI Nurdin, persisnya Wilayah 13. Dng tempat bergantian Sunrise – Kedoya diselenggarakanlah Persekutuan Wilayah. Tp dlm praktek kalau dilakukan di Sunrise org Kedoya dikit banget yg bergabung, begitu juga sebaliknya. ( _kekhasan atawa penyakit org GKI?_). Singkat cerita krn toh Sunrise sedang diproses utk didewasakan maka sejak thn 1982 di TKB dilakukanlah Kebaktian Wilayah sendiri.

Menanggapi antusiasme para anggota di TKB utk mengembangkan diri maka akhirnya GKI Perniagaan disepakati menjadi induk bagi anggota-anggota GKI dan simpatisan yg ada di TKB. Loh koq bukan GKI Nurdin? Nurdin saat itu msh repot mengasuh 2 Bajem yaitu Pakuwon dan Kavling Polri, makanya pengasuhan TKB dialihkan ke Perniagaan ( _mirip2 tradisi kwepang gityu, kalo ngga tahu kwepang itu apa sila cari di Google_). Tgl 7 Agustus 1983 mulai Kebaktian Minggu Perdana dengan menempati TK/SD Hosanna yang ada di kompleks yang sama.

Pengurusnya mula-mula disebut Panitia Prabajem GKI Jabar Taman Kedoya Baru, baru setelah PMS ke 41 GKI Jabar thn 1983 memutuskan nama yg sepatutnya adl “Pos Kebaktian, Pelayanan dan Kesaksian” (Pos KPK) bukannya “Prabajem” maka namanya pun menjadi Pos KPK TKB. Begitulah seterusnya dari persekutuan TKB naik kelas menjadi Pos KPK, naik kelas lagi menjadi Bajem, sampai akhirnya diwisuda menjadi Jemaat GKI Kedoya pada tgl 21 September 1987. Nah yg menemani kita dalam SG-GKI hari Selasa tgl 1 Des 2020 adl satu-satunya pendeta yg cantik di GKI Kedoya skr ini, yaitu Pdt. Evelyne Yudiarti. ( _*RN*_)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *