Sosialisasi Advent Wreath dan Advent Calendar 2020.

Apa saja hal yang kita lihat khas pada saat masa raya Adven di gereja? Salah satunya adalah lingkaran hijau berisi lilin di dekat mimbar. Biasanya di awal ibadah, penatua bertugas akan menyalakan lilin-lilin tersebut sebagai tanda dimulainya ibadah.

Tahun ini kita harus merayakan Adven dan Natal di rumah kita masing-masing. Walaupun demikian, Anda sekeluarga tetap bisa merasakan suasana Adven dan Natal. GKI Gading Indah akan mengirimkan ke rumah anda masing-masing paket berisi lingkaran Adven dan juga lilin-lilinnya.

Masa Raya Adven adalah persiapan menyambut Natal. Umat diajak untuk memeriksa dan menyiapkan diri dalam menyambut kelahiran Sang Juruselamat. Masa Raya Adven berlangsung selama 4 minggu sebelum Natal dan biasa diperingati dengan menyalakan lilin-lilin Adven. Lingkaran Adven sendiri adalah salah tradisi gereja Barat dalam rangka memperingati minggu-minggu Advent. Bentuk lingkaran adalah simbol kasih Allah yang tidak berujung. Lalu, daun-daun hijau ditambahkan menyimbolkan pengharapan akan hidup kekal yang diberikan oleh Yesus, sang Bayi Natal. Di dalam lingkaran tersebut, dipasang lilin-lilin Adven yang mengingatkan umat untuk terus berpengharapan, hidup dalam damai, bersukacita dan hidup dengan kasih. Ditambah dengan satu Lilin Kristus, yang akan dinyalakan di Ibadah Malam Natal dan Ibadah Natal.

Lingkaran Adven seperti inilah yang disiapkan panitia Natal bagi Anda sekeluarga. Tentu tidak terbatas kemungkinan untuk anda berkreasi menyiapkan lingkaran Adven bagi keluarga anda sendiri. Dengan keterbatasan panitia, jika lilin yag disiapkan panitia sudah habis anda tentu dapat menggantinya dengan lilin lain. Penyalaannya dapat mengikuti _hang tag _ yang sudah disiapkan panitia.

Masa Adven sebagai masa persiapan menyambut Natal juga selalu diwarnai dengan kegiatan berbagi kasih. Kegiatan tersebut adalah salah satu cara kita meneladani karya keselamatan Allah yang memberikan Anak-Nya yang tunggal demi keselamatan kita. Tahun ini, dalam keterbatasan kita, kita tetap diajak untuk berbagi kasih secara khusus bagi Opa-Oma dan Staff Panti Werdha Kristen (PWK) Hana. Karena keadaan pandemi, mereka untuk sementara tidak dapat menerima kunjungan dari Gereja atau lembaga lain yang biasa melayani. Dengan demikian, mereka juga mengalami kekurangan beragam kebutuhan untuk mendukung operasional dan kehidupan para penghuninya. Karena itu kita sebagai keluarga besar GKI Gading Indah diajak untuk berpartisipasi mendukung kehidupan mereka, baik dalam bentuk uang maupun barang.

Aktivitas lain yang disiapkan panitia Natal 2020 untuk membantu kita dalam merayakan Advent dan Natal bersama keluarga di rumah adalah Kalender Adven. Dalam kalender ini terdapat beragam kegiatan yang dapat dilakukan bersama di dalam keluarga untuk kita semakin merasakan kasih, sukacita, pengharapan dan damai dalam menyambut Natal. Termasuk juga di dalamnya beragam hal yang bisa kita kumpulkan untuk mendukung PWK Hana.

Akhir kata, selamat memasuki masa raya Natal dan Adven. Dalam situasi sulit seperti yg kita rasakan belakangan ini, “Jangan Takut, Juruselamat telah Lahir.” Ia lahir dalam diri kita dan keluarga kita, memberikan damai dan sukacita. Tuhan memberkati.

Adrian Tirtadjaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *