Kalau di dunia _kang ouw_ (dunia persilatan) ada tokoh Oey Yok Soe (serial Sia Tiauw Enghiong, Pendekar Pemanah Rajawali), maka GKI Jatim punya tokoh Oei Soei Tiong. Bpk Willy Purwosuwito dlm Majalah Berkat online 30 Mei 2019 mencatat almarhum Oei Soei Tiong sbg tokoh yg sangat berperan dlm kehadiran entitas yg skr dikenal sbg GKI SW Jatim. Sy kutip tulisan beliau “ _wakil-wakil jemaat hasil penginjilan Oei Soei Tiong yaitu dari Surabaya, Bangil, Mojokerto, Mojosari, Malang dan Bondowoso hadir dalam Vergadring (sidang) gereja pada tanggal 22 Februari 1934 di Bangil. Sejak itu resmilah Raad Gredja Besar atau Tay Hwee Tiong Hoa Kie Tok Kauw Hwee (THKTKH) – Oost Java. Peristiwa bersejarah inilah yang dimaknai sebagai lahirnya sebuah institusi bernama GKI Jawa Timur. Sekarang bernama GKI Sinode Wilayah Jawa Timur_.”
Jadi jemaat GKI Bondowoso yg dengan nama Gredja Kristen Tionghoa sdh hadir sejak tgl 9 September 1933, adl salah satu Jemaat awal GKI Jatim. GKI Bondowoso yg thn ini berusia 87 tahun, sdh beranak cucu yaitu GKI Jember dan GKI Banyuwangi.
Kisah manis yang menggambarkan harmoni dengan umat beragama lain adalah lahan dan gedung GKI Bondowoso di Jl. Yos Sudarso 147b yang merupakan pemberian seorang Haji bernama Atmodiwirjo. Beliau menghibahkan tanah dan memberikan sebagian dana untuk pembangunan gedung. *Ruaarr biasa*.
Pdt.Martin K. Nugroho yg akan menemani kita dalam SG-GKI hari Kamis, 29 Okt 2020 adl pendeta Jemaat ini, yg skr jumlah anggotanya sekitar 200-an (anak-lansia). Kalau anda mau ke Bondowoso bisa P.O. tape manis khas Bondowoso.
Ini tautannya:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *